10 Jenis Usaha Modal Ringan Cocok Untuk Pemula

 Lagi cari peluang usaha tapi gak tau harus memulai usha apa???

Modal terbatas??? Yuk kita akan membahas sedikit tentang jenis usaha modal kecil tapi keuntunganya tidak kecil-kecil amat nih. Syaratnya hanya kemauan dan tekad yang kuat yah…

Banyak orang sampai saat ini masih sering salah tetang paradigma atau mind set tentang membuat usaha. Kebanyakan dari kita masih berfikir bahwa memulai usaha harus dengan modal uang sekian juta, atau sekian puluh juta. Padahal SAYA sendiri sudah membuktikan bahwa TIDAK selalu mengenai modal uang.

Mindset seperti ini harus kita ubah agar kita bisa lebih maju menanggapi peluang bisnis. Orang yang masih hanya memikirkan tentang uang adalah sebagai modal utama dari sebuah usaha, hanyalah orang yang beranggapan bahwa dia dapat memulai usaha ketika dia membelanjakan sesuatu, kemudian dapat barang, barulah barang tersebut dijua.

Itulah sebabnya kita HARUS benar-benar belajar tentang jenus usaha apa sih yang bisa kita lakukan. Dan apakah memang membutuhkan modal uang??? Yuk kita bahas yah??

10 Jenis Usaha Modal Ringan Cocok Untuk Pemula

#1. Bisnis Pulsa

Kalau bicara bisnis pulsa, jangan pernah beranggapan bahwa kita harus punya banyak handphone kemudian banyak deposit. Saat ini sudah banyak sekali distributor penyalur pulsa. Dalam artian, persaingan antara distributor memungkinkan kita untuk memilih, siapa yang bisa kita ajak berpartner.

Contoh yang paling mudah dalam berpartnet dalam bisnis pulsa adalah seperti yang dilakukan teman saya. Dia mengajak beberapa orang untuk memulai berbisnis pulsa, kemudian mereka patungan, selanjutnya mereka menghabiskan biaya deposit mereka secara bersama-sama.

Ini akan menjadi lebih ringan dari segi permodalan tapi lebih cepat menghabiskan saldo atau deposit tersebut. Sangat mungkin dan mudah bukan??

#2. Bisnis Kuliner

Bicara bisnis kuliner, sudah pasti bisa kataan memang butuh modal. Yaah…paling tidak kita harus sewa tempatlah. Tapi sewa tempat tidak harus yang mahal. Cari ditempat yang tetap ramai, tapi tidak terlalu mahal. Caranya, carilah tempat yang tidak terlalu besar. Kamu bisa memasak ditempat lain, dan tempat berjualanya haanya sekedar tempat jualan. Tidak termasuk tempat memasak makanan tersebut. Ini juga sudah banyak dilakukan orang. Jadi mereka cukup menyewa tempat di pinggir jalan dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar harganya lebih murah.

Baca juga : Cara sukses bisnis makanan untuk pemula

#3. Bisnis Laundry

Kalau bisnis Laundry, saya sendiri telah pernah melakukanya. Dan ini masih sanagat menguntungkan. Saat ini orang pingin cepat dan tidak mau diganggu urusan cuci mencuci.

Yang penting mereka tinggal bayar, kemudian pakaian mereka bersih dan rapih. Modal awal untuk membuat sebuah usaha laundry berkisar antara 8 juta hingga 15 juta. Tentu ini modalnya cukup minim. Tapi tidak apa-apa, yang penting kamu bisa memulai sebuah usaha dahulu. Jangan berfokus kepada keuntungan, tapi jasa yang kamu buat sangat bersih dan meyakinkan pelanggan kamu. Dengan demikian orang-orang akan semakin banyak yang percaya kualitas pekerjaan laundry kamu.

Sebagai gambaran, saya membuka laundry dengan modal cukup 12 juta saja. Dan itu berjalan sangat baik. Semoga usaha kamu juga berjalan dengan baik yah??

#4. Jasa Pengetikan

Kalau jasa pengetikan cukup bermodal sebuah komputer dengan harga 3 jutaan dan sebuah printer dengan harga 1 juta, kamu sudah bisa memulai usaha. Kalau tempat, bahkan kamu bisa menyewa sebuah tempat yang tidak perlu dipinggir jalan. Orang yang membutuhkan jasa pengetikan adalah orang yang butuh hasilnya selesai tepat sesuai dengan yang mereka inginkan.

Jadi mereka tidak akan melihat tempat kamu ada dimana. Bahkan sekalipun tempat usaha mu di sebuah GANG, kalau hasil pengetikanya bagus dan servis kamu bagus, maka akan berhasil kok.

#5. Bisnis Pakaian

Bisnis pakaian saat ini sedang bergejolak loh Frends. kalau teman-teman gak percaya, silahkan lihat di toko-toko online terpercaya seperti tokopedia, lazada, Blibli dan lain sebagainya, perhatikan bahwa penjualan produk favorit mereka adalah baju-baju.

Ini salah satu jenis usaha yang saat ini digandrungi oleh kaum hawa. Alasanya sudah sangat jelas, bahwa tren pakaian saat ini berkiblat ke luar negeri. Sehingga masyarakat kita ikut-ikutan. Dan ini adalah peluang bagus sekali.

#6. Dropship

Dropship ini tidak sama dengan reseller. Kalau dropship tidak perlu membeli barang. Sementara reseller HARUS membeli barang terlebih dahulu.

Keuntunganya jangat jelas sekali, kita tidak perlu mengeluarkan modal. jadi dengan kata lain Dropship adalah berperan sebagai “CALO”. Dan ini banyak loh dikerjakan orang. Dan banyak sekali yang berhasil.

Prinsip kerjanya sederhana, kita mempromosikan sebuah produk bisa dari sosial media, bbm, WA atau Instagram. Kemudian ketika ada yang pesan, kita suruh dulu konsumenya untuk transfer dana. Setelah mereka transfer dana, kita belikan barangnya dari si penjual. Tapi kita katakan kepada si penjual agar mengirimkan barangnya ke alamat si pembeli tadi. Jadi kita hanya bersifat perantara.

Dibutuhkan Keyakinan dan Kepercayaan dari setiap pelanggan yang kita tawarkan. Oleh karena itu, jangan sekali-sekali membuat curang atau kebohongan. Anda tidak akan dipercayai orang lagi.

#7. Jasa Les Privat

Saya sendiri masih melakukan ini. Modal awalnya hanya sebuah motor tahun 2005, dan bensin. Sementara bayaranya lumayan loooh….. tapi tergantung NEGOISASI kita juga. oleh karena itu, dibutuhkan kepiawaian kita dalam negosiasi dan KUALITAS kita dalam mengajar siswa.

Ini kategori jenis usaha bidang jasa. Dan jenis usha bidang jasa tidak memiliki ukuran yang jelas dalam hal biayanya. Jadi tergantung masing-masing.

#8. Kerja Online

Bicara kerja online, sudah tidak diragukan banyak sekarang orang mencari kerja online looh…alasanya mereka bosan kerja di kantor. Waktu mereka tersita banyak, dibawah tekanan, bekerja dengan target dan lain-lain. Jadi bagi mereka yang kurang suka terhadap hal-hal tersebut, bisa memilih kerja online.

Apa saja kerja online yang bisa dikerjakan dengan modal kecil??

Banyak sekali. Mulai dari jasa SEO, menulis artikel, membuat logo, Desain dan lain sebagainya.

#9. Membuat Website

Membuat website memang membutuhkan keahlian khusus. Dalam artian, harus belajar beberapa hal seperti HTML dan PHP serta sedikit Database. Dengan demikian, kamu bisa menjual jasa pembuatan website.

Modalnya tidak besar kok. Kamu bisa memulainya dengan kursus terlebih dahulu. Jadi biayanya tidak terlalu besar daripada kamu harus kuliah.

#10. Kerja keras

Sengaja saya buat poin terrakhir bukan ttg bisnis tapi kerja keras. mengapa??? karena jika peluang sudah ada di depan kita, tapi kita tidak Take Action dan bekerja keras, maka semuanya itu akan menjadi Sia-sia. PERCUMA.

Oleh karena itu, bagi teman-teman yang sudah memiliki berbagai jenis usaha di atas, lakukan dengan sungguh-sungguh, kerja keras dan tekun, maka teman-teman akan berhasil. Saya yakin anda akan berhasil, masakan anda tidak yakin dengan usaha anda???

Himbauan : Jika artikel ini memang berguna untuk teman-teman, MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih